Tilang Elektronik Berbasis Drone Bakal Diterapkan di Pati

Tilang Elektronik Berbasis Drone Bakal Diterapkan di Pati

 

PATI, PATINEWS.COM

 

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah terus melakukan sosialisasi dan uji coba tilang berbasis Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di seluruh jajaran Polda Jateng.

 

Kepala Seksi Pelanggaran Subditgakum Ditlantas Polda Jateng, Kompol Ilham S Sakti mengatakan Sosialisadi dan uji coba penggunaan e-tilang berbasis drone di wilayah hukum Polresta Pati ini dan telah melakukan sosialisasi di polres lainnya.

 

“Penggunaan pesawat tanpa awak untuk penindakan tilang ETLE tersebut merupakan pengembangan dan penyempurnaan yang selama ini telah dilaksanakan wilayah hukum Polda Jateng,” terangnya Disela-sela uji coba di jalan Kolonel Sunandar depan GOR Pesantenan Pati. Senin, 30 Januari 2023.

 

Menurutnya, sebelumnya seluruh jajaran Kepolisian RI telah menerapkan penilangan secara elektronik, baik ETLE statis yang dipasang di sejumlah lampu pengatur lalu-lintas dan juga ETLE mobile.

 

“ETLE statis dan ETLE mobile ini di Jateng sudah sangat masif, dan ini mulai dikembangkan lagi melalui integrasi drone,” ujar dia.

 

Ia menjelaskan, tilang ETLE berbasis drone tersebut tidak hanya untuk penindakan bagi pelanggar lalu-lintas saja, melainkan juga untuk memantau arus lalu-lintas di sejumlah titik-titik rawan kemacetan.

 

Kompol Ilham menambahkan, mekanisme penilangan berbasis drone tersebut hampir sama dengan penindakan pelanggaran lalu-lintas dengan ETLE pada umumnya.

 

Menurutnya, setelah dilakukan sosialisasi dan ujicoba tersebut, pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap penggunaan ETLE berbasis drone.

 

“Kami masih akan melakukan evaluasi, apakah penggunaan drone ini akan dilakukan oleh tim dari Ditlantas Polda Jateng atau masing-masing polres,” lanjut dia.

 

Untuk sementara, saat ini penindakan pelanggaran lalu-lintas ETLE drone tersebut masih terbatas pada personel Ditlantas Polda Jateng. Dan hingga saat ini baru terdapat lima personel Ditlantas Polda Jateng yang terverifikasi untuk menerbangkan drone.

 

Kelima anggota Ditlantas Polda Jateng yang telah berhak menerbangkan drone ETLE tersebut, semuanya telah mempunyai sertifikat dan terverifikasi oleh Asosisasi Pilot Drone Indonesia.

 

Menurutnya, selama 25 menit melalukan ujicoba penerapan ETLE berbasis drone di sepanjang Jl. Kol. Sunandar kompleks GOR Pesantenan Pati, sejumlah pengendara kendaraan roda empat dan roda dua tertangkap kamera yang terpasang dalam drone tersebut.

 

Namun, pihaknya masih perlu melakukan verifikasi jumlah pelanggaran yang tertangkap kamera ETLE drone tersebut.

 

(pn/ dok Humas Polresta Pati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *