Pentingnya Penerapan Disiplin Dimulai  Sejak Dini

Pentingnya Penerapan Disiplin Dimulai  Sejak Dini

PATI, PATINEWS.COM
Untuk menumbuhkan jiwa patriotisme terhadap generasi muda penerus bangsa, Koramil 0718-01/Pati memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri Ngepungrojo 01 dan 02. Hal ini dilakukan untuk  mendukung Desa Ngepungrojo sebagai Kampung Pancasila. Kamis (23/2/2023)

Menurut Batuud Koramil 0718-01/Pati Peltu Dwi Sulistyono pemberian materi Wasbang kepada pelajar sekolah dasar ini dilakukan dalam rangka menanamkan nilai-nilai yang ada pada Pancasila sejak usia dini. Hal tersebut penting dilaksanakan, agar para siswa-siswi ini dapat menjadi generasi-generasi penerus bangsa yang tangguh, disiplin dan handal yang dapat membanggakan orang tua, masyarakat, bangsa dan negara.

Materi yang diberikan dalam Wasbang ini meliputi dasar Pancasila, kedisiplinan, kekompakan atau kebersamaan, serta belajar kesantunan dengan bahasa yang mudah dipahami dan dicerna anak-anak,” ungkap Dwi.


Hal ini diharapkan materi dapat diaplikasikan oleh para siswa-siswi dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan keluarga dan masyarakat, khususnya di Kampung Pancasila Desa Ngepungrojo yang telah dibentuk.

Disiplin dimulai dari diri sendiri dan sangat mudah misalkan belajar, merapikan kamar, merapikan pakaian seragam, menempatkan barang barang ditempat semestinya dan lain lain banyak lagi. Mulai hal kecil kebiasaan yang sederhana yang nantinya akan menjadikan kebiasaan untuk berdisiplin,” tambah Dwi.

 

Ditempat terpisah Babinsa Desa Ngepungrojo Serma Suwono menambahkan kegiatan wasbang ini salah satu kegiatan di Desa Ngepungrojo yang dicanangkan sebagaii Kampung Pancasila beberapa waktu yang lalu. Kegiatan yang dilaksanakan selain pemberian materi kepada warga juga dilaksanakan untuk generasi muda khususnya anak anak SD.

Kali ini kami dari Koramil 0718-01/Pati memberikan materi wasbang kepada siswa siswi SDN Ngepungrojo 01 dan SDN Ngepungrojo 02 yang diikuti 60 siswa. Materi yang kami berikan disesuaikan dengan kondisi anak anak yang intinya dasar kedisiplinan pribadi dan tanggung jawab sebagai seorang siswa,” ungkap Suwono.

 

Kepala SDN Ngepungrojo 02 Suci Imbarwati yang juga hadir dalam kegiatan ini menyampaikan terimakasih kepada anggota Koramil 0718-01/Pati yang mana telah memberikan dasar kedisiplinan bagi siswa siswinya.

Semoga apa yang telah diberikan dapat dimengerti oleh siswa dan mereka dapat melaksanakan sebagai pembelajaran sejak dini baik di sekolah maupun dilingkungan keluarganya,” ungkap Suci. ([email protected])

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *